KANAL 4Modifikasi

JIP - Pria berkacamata minus ini cukup minta disapa Aan. Jika mengajaknya berbincang tentang Jimny, matanya pun langsung berbinar-binar. Yes…tak perlu disangsikan lagi bahwa Aan pecinta fanatik Suzuki Jimny. Tak mengherankan jika di garasinya tersimpan beberapa Jimny, di antaranya SJ413 Samurai dan sebuah JB32.

Sebuah Samurai tentu merupakan topik perbincangan yang cukup menarik. Namun, sosok saudara mudanya, Jimny JB32 lebih menarik perhatian saya. Lantaran baru kali ini menemukan pamungkas generasi II Jimny dalam kondisi utuh dan sempurna.

“JB32 merupakan salah satu idaman saya. Bahkan mengalahkan keinginan untuk memiliki Jimny JB33 (generasi III) atau JB43 sekalipun,” tutur Aan. “Taste sebuah Jimny masih sangat kental pada sosok yang satu ini.”

Pria berkacamata minus ini pun sadar impiannya meminang sebuah JB32 bak jauh panggang dari api. Namun, siapa yang menyangka secara tiba-tiba sosok jip ini muncul di depan matanya.

Adalah lewat seorang sahabatnya, Aan berhasil menemui pujaan hatinya. “Temanku mau jual Jimny antik tuh, konon bekas kendaraan dinas kedutaan asing lho,” tutur Aan menirukan sang sahabat. Tak harus menunggu lama untuk melihatnya. “Dalam benak saya, paling-paling berkisar antara JB31 atau SJ413 Samurai,” ungkap pria berdarah Minang ini.

“Bagai disambar petir di siang bolong, ternyata di hadapan saya adalah sebuah JB32. Dalam kondisi berdebu terparkir di pojok garasi. Bahkan dua bannya sudah kempes,” kenangnya.

Sejumlah angka yang disebutkan sang pemilik seolah tak dihiraukan. Bak tersihir, Aan langsung mengiyakan. “Pemiliknya bilang, kalau ditawar, berarti transaksi batal. Tapi kapan lagi dapat meminang sebuah JB32? Kami deal 30 menit setelah saya melihat kendaraannya,” cerocosnya.

Semenjak berada di dalam genggamannya, tak banyak yang berubah dari sosok JB32 ini. Baru dua hal yang ia lakukan. “Mengganti bumper custom yang menempel dengan bawaan asli JB32 yang didapat dari pasar limbah.” Selain itu, Aan juga menukar pelek dan ban besar yang terpasang. “Sementara pakai pelek yang ada dulu, sebelum mendapat orisinalnya,” kekehnya sembari menutup perbincangan.

 

Mesin

Mesin G13BB 16 valve SOHC berpemasok bahan bakar multipoint injection tak banyak mengalami polesan. Kondisinya masih sangat jempolan dan terawat. Konon mesin ini lebih bertenaga dari G13B bawaan Suzuki Caribian.

Girboks

Girboks manual 5 percepatan beserta transfercase merupakan asli bawaan kendaraan. Di negara asalnya, JB32 ditawarkan dengan pilihan transmisi 3 percepatan matik. Sedangkan untuk transfercase, sudah menganut sistem rantai (drivechain) yang lebih presisi jika dibandingkan dengan versi gir (drivegear). Sampai saat ini, sistem rantai masih digunakan pada Jimny generasi terbaru.

Gardan

Gardan solid masih menjadi andalan, namun tak lagi nampak lembaran per daun yang sering kali menghiasi penampilan sebuah Jimny. Suspensi coil spring menjadi identitas yang paling kentara dari JB32. Itu yang membedakan dengan keluarga besar Jimny 1300 dari generasi kedua. Jip inilah yang menjadi pembuka gerbang penggunaan coil spring bagi Jimny 1.300.  Per keong membuat jip ini lebih nyaman dibandingkan versi per daun.

Interior

Penampilan interior jip ini nyaris sama dengan Caribian. Hanya seluruh kabinnya dibungkus pelapis plastik, layaknya kendaraan moderen. Tak hanya lebih trendi, namun juga menyuguhkan suasana kabin yang lebih resik, mewah, nyaman dan senyap.

Bumper

Sepasang lampu kabut lansiran Suzuki Sport nongkrong di depan moncong. Lampu ini merupakan opsional bagi JB32, dan menjadi standar bagi versi Elk yang menduduki kasta tertinggi dalam silsilah JB32.

Wiper

Pintu belakang berwiper merupakan ciri khusus bagi pamungkas Jimny generasi II. Ciri ini pun dapat ditemui pada Jimny versi kei JA12 dan JA22 bermesin 660 cc.

Spion

Spion bawaan asli kendaraan tetap dipertahankan. Ciri terkuat dari JB32 terletak pada assist mirrornya yang ditanamkan pada pilar A sebelah kiri.

Ban dan pelek

Pelek kaleng 16 x 5.5 yang dikolaborasikan dengan ban kerempeng milik Jimny JA22. Agak disayangkan, lantaran meleset dari spesifikasi asli JB32 yang seharusnya menggunakan pelek berukuran 15 inci. Namun ini terpaksa dilakoni karena pelek asli JB32 belum berhasil dipinang. Sabar menunggu kalau begitu.

Overfender

Overfender lebar menjadi ciri Jimny 1300 sejak era JB31, yang diestafetkan pada JB32 dan ke Jimny 1300 versi sesudahnya. Sedangkan JB32 merupakan pelopor penggunaan bumper plastik depan dan belakang.

 
Spesifikasi

Mesin                             : 4 silinder inline G13BB 16 valve SOHC 1.294 cc OEM JB32

Sasis                             : Standar OEM JB32

Bodi                               : Custom OEM JB32

Transmisi                      : 5 speed  manual OEM JB32

Tranfercase                  : 2 speed part-time  OEM JB32

Gardan                         : OEMJB32

Per                               : OEM JB32

Sok breker                   : Kayaba

Bumper depan             : OEM JB32

Pelek                           : OEM JA22

Ban                              : Bridgestone Dueller 205 R16

Overfender                  : OEM JB32

Spion                           : OEM JB32

Interior  panel              : OEM JB32

Spare tire hanger        : OEM JB32

Pintu belakang            : OEM JB32

Jok                              : OEM JB32

Bengkel                       : AJ4WD

                                      Jl. Poncol Raya No. 3 Pondok Bambu, Jakarta Timur

                                     Telp: 081928667800




JIP [TV]
Infiniti FX37 review
JIP IMAGE
Jip Tubular Custom 2014 <br> Four Knights (Casper)
Jip Tubular Custom 2014
Four Knights (Casper)
JIP TWITTER FEED
Review Produk